Cara riset kata kunci menggunakan google keyword planner tool – tujuan utama dari pembuatan blog adalah membuat blog yang bisa dibaca oleh semua orang atau dalam arti lain ingin blog yang dikelola menjadi blog terkenal. Untuk membuat blog yang kita kelola menjadi terkenal maka blog harus bisa tembus peringkat 10 besar di hasil pencarian google.
Blog yang terkenal tidak berarti semua artikel yang diterbitkan akan mendapat peringkat 10 besar di hasil pencarian google, karena setiap artikel yang dibuat harus melakukan beberapa optimasi agar artikel tersebut dapat tembus 10 besar bahkan bisa peringkat pertama di hasil pencarian google. Optimasi yang dilakukan dalam pembuatan artikel ini bermacam macam dan memang banyak factor pendukungnya, tetapi ada satu optimasi yang paling utama dilakukan dalam pembuatan artikel dan optimasi ini dilakukan sebelum anda membuat suatu artikel, optimasi tersebut adalah cara riset kata kunci yang tepat untuk judul artikel yang akan dibuat.
Cara riset kata kunci untuk judul artikel adalah hal yang sangat penting dan merupakan kebiasaan yang tidak bisa kita hilangkan dalam pembuatan artikel, karena dengan melakukan riset kata kunci yang tepat akan memudahkan artikel anda untuk tembus ke peringkat 10 besar di hasil pencarian google.
Ada beberapa cara riset kata kunci untuk artikel blog anda, seperti menggunakan goole suggest, hasil penelusuran terkait atau related, google trends dan menggunakan google keyword planner. Tetapi yang paling direkomendasikan riset kata kunci menggunakan google keyword planner, karena dengan meriset kata kunci menggunakan google keyword planner ini tidak hanya menampilkan kata kunci yang paling banyak dicari tetapi juga menampilkan persaingan dari kata kunci tersebut dan lain lain.
Untuk meriset kata kunci dengan beberapa point diatas maka anda harus menggunakan akun google adword karena semua point yang diterangkan diatas ada di google adword.
Artikel lain : Cara buat email di yahoo dan di google dengan mudah
Pertama anda harus masuk ke akun google adword anda, setelah masuk pilih menu “Alat”, lihat gambar dibawah
Kemudian pilih “ Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori” yang ditandai panah biru, maka akan tampil gambar seperti berikut ini
Masukkan kata kunci yang ingin di riset pada panah warna biru, saya berikan contoh “sepatu karet”.
Panah warna merah menunjukkan Negara yang ditarget, saya contohkan Indonesia dan anda bisa merubahnya sesuai dengan bahasa artikel anda. Kemudian scroll kebawah lalu klik “ Dapatkan ide” maka akan tampil layar sperti gambar berikut ini.
Klik “Ide kata kunci” yang ditandai kotak warna pink untuk mencari kata kunci.
Jika klik kotak warna merah maka penelusuran akan secara berurutan menampilkan kata kunci yang pencariannya terbanyak sampai pencarian paling sedikit.
Jika klik kotak warna kuning maka penelusuran akan secara berurutan menampilkan kata kunci yang tingkat persaingannya tinggi sampai rendah.
Jika klik kotak warna biru maka penelusuran akan secara berurutan menampilkan kata kunci yang harga per-kliknya mahal sampai yang murah.
Pada gambar yang terlihat diatas, kata kunci yang tepat dan harus kita ambil untuk dijadikan judul artikel adalah kata kunci “sepatu keren” karena memiliki pencarian terbanyak di setiap bulannya dan mempunyai tingkat persaingan rendah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan judul artikel agar artikel yang kita buat bisa mendapatkan banyak pengunjung dan lebih mudah untuk bisa tembus ke peringkat 10 besar di hasil pencarian google karena persaingannya rendah.
Selain itu kita bisa menambahkan kata kunci lain terhadap riset kata kunci yang telah kita lakukan, jadi kita dapat memodifikasi hasil riset kata kunci kita agar kata kunci hasil riset menjadi lebih berkualitas dan dapat memberikan dampak positif terhadap blog.
Saya rasa cukup sekian tentang cara riset kata kunci menggunakan google keyword planner tool, semoga bermanfaat bagi anda yang memang membutuhkan artikel ini dan terimakasih sudah membaca blog sederhana yang penuh dengan kekurangan ini, kesempurnaan hanyalah milik tuhan wassalam.
Blog yang terkenal tidak berarti semua artikel yang diterbitkan akan mendapat peringkat 10 besar di hasil pencarian google, karena setiap artikel yang dibuat harus melakukan beberapa optimasi agar artikel tersebut dapat tembus 10 besar bahkan bisa peringkat pertama di hasil pencarian google. Optimasi yang dilakukan dalam pembuatan artikel ini bermacam macam dan memang banyak factor pendukungnya, tetapi ada satu optimasi yang paling utama dilakukan dalam pembuatan artikel dan optimasi ini dilakukan sebelum anda membuat suatu artikel, optimasi tersebut adalah cara riset kata kunci yang tepat untuk judul artikel yang akan dibuat.
Cara riset kata kunci untuk judul artikel adalah hal yang sangat penting dan merupakan kebiasaan yang tidak bisa kita hilangkan dalam pembuatan artikel, karena dengan melakukan riset kata kunci yang tepat akan memudahkan artikel anda untuk tembus ke peringkat 10 besar di hasil pencarian google.
Ada beberapa cara riset kata kunci untuk artikel blog anda, seperti menggunakan goole suggest, hasil penelusuran terkait atau related, google trends dan menggunakan google keyword planner. Tetapi yang paling direkomendasikan riset kata kunci menggunakan google keyword planner, karena dengan meriset kata kunci menggunakan google keyword planner ini tidak hanya menampilkan kata kunci yang paling banyak dicari tetapi juga menampilkan persaingan dari kata kunci tersebut dan lain lain.
Pengetian riset kata kunci?
Riset kata kunci adalah mencari kata kunci yang paling tepat untuk dijadikan judul artikel blog, dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut:- Rata rata jumlah pencarian terhadap kata kunci per bulannya
- Tingkat persaingan kata kunci, apakah rendah, sedang dan tinggi
- Harga dari kata kunci tersebut, ini berkaitan dengan iklan CPC
Contoh riset kata kunci
Misalkan anda ingin membuat sebuah artikel dengan kata kunci “ sepatu karet”, maka anda harus meriset kata kunci tersebut dengan beberapa point berikut ini :- Apakah kata kunci ini merupakan kata kunci yang banyak dicari? apabila apabila kata kunci ini merupakan kata kunci yang sedikit pencarinya di dunia internet maka artikel anda tidak akan mempunyai kesempatan untuk mempunyai banyak pengunjung dan sebaliknya
- Apakah kata kunci ini mempunyai tingkat persaingan yang tinggi, menengah atau rendah? Apabila kata kunci ini mempunyai tingkat persaingan yang tinggi maka kesempatan artikel untuk menempati peringkat 10 besar akan sulit tetapi apabila kata kunci ini mempunyai tingkat persaingan yang rendah maka artikel akan lebih mudah untuk menempati peringkat 10 besar.
- Harga dari kata kunci tersebut apakah rendah ataukah tinggi? ini biasanya berkaitan dengan iklan pembayaran per klik, apabila harga dari kata kunci ini tinggi maka perklik dari iklan yang ditampilkan akan tinggi pula, tetapi ada beberapa factor lain yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga dari per klik iklan ini.
Untuk meriset kata kunci dengan beberapa point diatas maka anda harus menggunakan akun google adword karena semua point yang diterangkan diatas ada di google adword.
Cara riset keyword dengan google keyword planner tool
Untuk melakukan kiset kata kunci di google keyword planner maka anda harus mempunyai akun google adword terlebih dahulu, apabila anda belum mempunyai akun google adword maka anda harus mendaftar terlebih dahulu ke google adword dengan persyaratan harus mempunyai email gmail terlebih dahulu. Apabila anda belum mempunyai email gmail maka anda bisa membaca artikel saya sebelumnya.Artikel lain : Cara buat email di yahoo dan di google dengan mudah
Pertama anda harus masuk ke akun google adword anda, setelah masuk pilih menu “Alat”, lihat gambar dibawah
Kemudian pilih “ Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori” yang ditandai panah biru, maka akan tampil gambar seperti berikut ini
Masukkan kata kunci yang ingin di riset pada panah warna biru, saya berikan contoh “sepatu karet”.
Panah warna merah menunjukkan Negara yang ditarget, saya contohkan Indonesia dan anda bisa merubahnya sesuai dengan bahasa artikel anda. Kemudian scroll kebawah lalu klik “ Dapatkan ide” maka akan tampil layar sperti gambar berikut ini.
Klik “Ide kata kunci” yang ditandai kotak warna pink untuk mencari kata kunci.
Jika klik kotak warna merah maka penelusuran akan secara berurutan menampilkan kata kunci yang pencariannya terbanyak sampai pencarian paling sedikit.
Jika klik kotak warna kuning maka penelusuran akan secara berurutan menampilkan kata kunci yang tingkat persaingannya tinggi sampai rendah.
Jika klik kotak warna biru maka penelusuran akan secara berurutan menampilkan kata kunci yang harga per-kliknya mahal sampai yang murah.
Pada gambar yang terlihat diatas, kata kunci yang tepat dan harus kita ambil untuk dijadikan judul artikel adalah kata kunci “sepatu keren” karena memiliki pencarian terbanyak di setiap bulannya dan mempunyai tingkat persaingan rendah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan judul artikel agar artikel yang kita buat bisa mendapatkan banyak pengunjung dan lebih mudah untuk bisa tembus ke peringkat 10 besar di hasil pencarian google karena persaingannya rendah.
Selain itu kita bisa menambahkan kata kunci lain terhadap riset kata kunci yang telah kita lakukan, jadi kita dapat memodifikasi hasil riset kata kunci kita agar kata kunci hasil riset menjadi lebih berkualitas dan dapat memberikan dampak positif terhadap blog.
Saya rasa cukup sekian tentang cara riset kata kunci menggunakan google keyword planner tool, semoga bermanfaat bagi anda yang memang membutuhkan artikel ini dan terimakasih sudah membaca blog sederhana yang penuh dengan kekurangan ini, kesempurnaan hanyalah milik tuhan wassalam.


